Bagaimana membuat game platformer

Favourite 553 favourites
Tutorial written by AshleyOriginally published on 26th, January 2012 - 10 revisions

Translation Team:

1 revision
Just so you know: The English version has been updated since this translation has been published

Construct 2 bisa digunakan untuk membuat berbagai game dua dimensi (2D). Dalam tutorial ini, kamu akan dibimbing untuk menguasai dasar-dasar pembuatan platform game di Construct 2. Jika kamu masih awam dengan Construct 2 dan lebih tertarik untuk membuat game berjenis top-down shooter, lihat tutorial alternatif berikut. Sudah siap membuat game platformer? Ayo kita mulai

Catatan: Jangan bertanya atau mencari bantuan dengan menulis komentar di tutorial ini! Tapi masuklah ke forum kami untuk mendapat respon terbaik untuk semua pertanyaan yang kamu punya.

Tutorial ini menggunakan sprite dari bundel Jungle Platformer yang kamu dapat saat membeli Construct 2. Setelah kamu membeli, klik link Download media bundle di menu About untuk mendapatkan bundel aset tambahan. Jika kamu menggunakan edisi gratis, kamu bisa menggunakan gambar kamu sendiri, atau coba gunakan panduan pemula alternatif yang sekaligus menyediakan semua sprite yang kamu butuhkan.

Menginstal Construct 2

Jika kamu belum punya Construct 2, kamu bisa unduh versi terbaru Construct 2 di sini. Program Construct 2 hanya tersedia untuk Windows, tapi game yang kamu buat bisa dimainkan di mana saja, seperti Mac, Linux, atau iPad. Construct 2 bisa di-install pada akun terbatas (yang bukan admin). Dan instalasinya pun portable, jadi kamu bisa install Construct 2 di USB flashdisk dan membawanya ke mana saja!

Memulai

Setelah siap dan menginstall, jalankan Construct 2. Klik tombol File > New.

Tombol 'New' pada menu File.
Pada pilihan New Project, kamu tidak perlu mangubah apa-apa, cukup klik Create project. Constuct 2 akan menyimpan seluruh data project dalam satu file .capx. Sekarang kamu akan melihat satu layout kosong, tampilan desain tempat kamu membuat dan mengatur posisi berbagai objek, seperti tampilan level dalam game atau layar menu. Dalam aplikasi lain, layout ini bisa juga disebut room, scene, atau frame.

Ukuran layout

Pertama-tama, kita perlu ukuran layout (level) yang lebih besar dari ukuran bawaan. Klik kiri di area kosong di layout dan akan muncul Layout Properties di Properties Bar. Ganti ukuran level menjadi 4000 x 2048.

Mengatur ukuran layout.
Saatnya untuk menata gambar latar belakang di sepanjang layout. Double-click area kosong di layout, akan muncul pilihan Insert Object. Double click objek Tiled Background untuk menambahkan latar belakang tersebut.

Menambahkan objek Tiled Background.
Kursor mouse akan berubah menjadi crosshair (tanda tambah). Tidak masalah dimana kamu menempatkan objek ini, pilih saja suatu tempat pada layout. Akan muncul Image editor agar kamu bisa memasukkan gambar untuk menjadi tile. Sekarang kita perlu import file Background Image\Background.png dari paket sprite. Klik icon Open untuk memasukkan gambar.

Memasukkan gambar.
Pilih file Background Image\Background.png, lalu tutup image editor. Sekarang kamu akan melihat sebagian gambar background di layout.

Kita perlu mengatur ukuran latar belakang untuk menutup keseluruhan layout. Pastikan objek tadi sudah dipilih (klik kiri pada gambar tersebut di layout), lalu propertinya akan muncul di Properties Bar. Untuk menutupi keseluruhan layout, atur Position menjadi 0,0 dan Size menjadi 4000, 2048 (sama dengan ukuran layout).

Mengatur ukuran tile latar belakang.
Gambar latar belakang ini cukup besar, jadi akan sulit melihat keseluruhannya dengan level zoom saat ini. Kamu bisa coba zoom out untuk melihat gambar tersebut lebih baik. Tahan Control dan Scroll roda mouse ke bawah untuk zoom out. Atau kamu bisa pilih View - Zoom out pada ribbon (menu di bagian atas Construct 2) beberapa kali. Kamu sekarang bisa melihat keseluruhan layout, dan akan terlihat seperti ini:

Layout yang sudah di-tile dengan benar.
Perlu kamu tahu bahwa garis putus-putus di sisi kanan atas menunjukkan ukuran layar dibanding dengan ukuran layout keseluruhan. Tekan Crtl 0 untuk kembali ke level zoom 100% atau pilih View - Zoom to 100% di ribbon. Kemungkinan besar kamu akan melihat tengah-tengah layout sekarang, gunakan scrollbar untuk kembali ke bagian kiri atas dari layout. Kamu juga bisa click and drag tombol tengah mouse untuk bergerak dengan bebas di layout, atau tahan spasi untuk efek yang sama kalau kamu tidak punya tombol tengah mouse.

Share and Copy this Tutorial

You are free to copy, distribute, transmit and adapt this work with correct attribution. Click for more info.

Comments

0
uswatun15 177 rep

Kak mau nanya dong saya lagi belajar construct pas bikin platformer kok ngga jadi yaa di behaviors udah ditambahin tapi tetep aja ngga jalan buat spritenya
makasih sebelumnya

Sunday, May 14, 2017 at 5:05:13 PM
0
Muhammad Jamil 179 rep

link download

Monday, June 05, 2017 at 6:18:56 PM

Leave a comment

Everyone is welcome to leave their thoughts! Register a new account or login.